Jumat, 11 Februari 2011

Membuat Website E-Commerce

Website E-Commerce adalah website yang dibuat dengan tujuan utama untuk tujuan komersil menjual barang atau jasa di Internet. Diharapkan transasksi bisnis bisa berlangsung melalui media website. Atau paling tidak transaksi bisnis terjadi setelah melihat website tersebut.. Sebagai contoh website yang termasuk dalam kategori e-commerce dalam menjual barang adalah bhinneka.com, sedangkan dalam penjualan jasa adalah agunghoster.com.

Ada 2 jenis penjualan di internet, yaitu website yang hanya menampilkan katalog online dan yang menggunakan shopping chart. Website dengan katalog online hanya menampilkan keterangan barang, harga, dan gambar saja, sedangkan untuk membeli Anda harus menghubungi pihak pemilik usaha untuk melakukan order. Sedangkan website dengan shopping chart selain menampilkan katalog juga dilengkappi dengan sistem keranjang belanja sehingga untuk melakukan order Anda hanya cukup melakukannya melalui website tersebut dan semua barang belanjaan Anda akan dihitung otomatis oleh sistem dan sebuah invoice akan dikirim ke e-mail Anda.

Bagaimana cara membuat website e-commerce? Sepertinya sulit? Tapi tidak juga, karena Joomla! sudah siap digunakan dengan tambahan extension Virtual Mart. Anda mungkin berpikir pasti rumit untuk melakukan setting dan pengaturan di Joomla!. Nah sekarang Virtual Mart sudah mengeluarkan sebuah installer Joomla! yang sudah dibundle dengan VM, Anda bisa mendownloadnya di sini. Setelah install Anda akan mendapatkan website e-commerce lengkap dengan sample data dengan contoh produk dan website tersebut sudah siap digunakan.

Bagaimana cara menginstallnya? Sama caranya dengan menginstall Joomla! pada umumnya. Jadi selamat mengutak-atik website e-commerce Anda yang baru yah!

Di bawah ini daftar software  Ecomerce gratis yang terbaik menurut pengamatan saya beserta sedikit ulasannya.
  1. Magnetosoftware ini memiliki beberapa fitur yang kuat untuk mendukung e-commerce.Memungkinkan membuat beberapa toko online yang  dikelola seorang admin tunggal.
  2. Fortune3 – Software canggih namun mudah di gunakan.Software e-commerce ini memiliki semua fitur dan dukungan yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah toko online yang sukses.
  3. OXID esales -sistem open source e-commerce  ini siap untuk B2C, B2B dan skenario commerce sosial.
  4. Prestashop – yang paling menarik dari software ini  adalah antarmuka yang ramping. Dengan open source ini kita dapat membuat kesepakatan khusus seperti voucher hadiah, penurunan harga,maupun produk tag.
  5. osCommerce – adalah salah satu aplikasi e-commerce gratis tertua  yang menawarkan beberapa pilihan pemasaran dan mendukung sebagian besar sistem pembayaran. Aplikasi ini ramah multibahasa dan SEO.Dapat bekerja dengan PHP / MySQL.
  6. 6.Digistore -Pengembangan dari  osCommerce dengan perbaikan di ujung depan dan app admin . Menyediakan platform untuk menjual barang fisik & virtual.
  7. OpenCart – merupakan PHP – MySQL  sistem shopping cart yang merupakan aplikasi yang tampak sederhana  tapi itu memiliki fitur yang lengkap.
  8. Freeway – Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk membuat toko online.Bisa digunakan untuk menjual jasa belajar main gitar atau persewaan lapangan tenis pada tanggal tertentu dan waktu tertentu tanpa hambatan. 
  9. Zen Cart – Ini adalah software ecommerce gratis yang  kompatibel . Dikembangkan oleh sekelompok toko, pemilik programmer, desainer dan konsultan.
  10. Ecommr – Aplikasi ini menawarkan penyajian elemen antarmuka dan desain situs web e-commerce dengan sistem terorganisir.
  11.  Spree–menggunakan Ruby on Rails. Spree memungkinkan perbaikan dan kustomisasi. Dengan Merchant Aktif plugin mendukung sebagian besar prosesor pembayaran.
  12. WordPress+ -Cms canggih dan mudah di gunakan,tinggal menambah plugin-plukin toko online akan menjadi sangat atraktif.wordpress merupakan cms yang hampir 90% pengguna internet memakainya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar